Tuesday, September 4, 2007

MELATIH TENDANGAN MAEGERI

2. MELAKUKAN TENDANGAN DARI POSISI JONGKOK.



  • Ambil posisi jongkok.
  • Kemudisn berdiri sambil kaki yang akan menendang diangkat setinggi lutut.
  • Lakukan tendangan maegeri dengan benar.
  • Selesai menendang ambil lagi posisi jongkok.
  • Lakukan berkali-kali dengan kaki yang bergantian.

Latihan ini bermanfaat untuk:

  • Melatih keseimbangan.
  • Melatih kekuatan kaki penyangga.

3 comments:

Andi Retman said...

Salam karate.. Osh!
Metode latihan maegeri yang Sensei utarakan diatas telah saya lakukan mulai saya dilatih pertama kali oleh Senpai Drs. Haryanto Sukardi dan Drs. Devi F Bacthiar juga bersama alm. Nasrul Natra SH (semoga beliau mendapat tempat yang layak di sisiNya.Amin). Dan metode ini sampai sekarang saya juga terapkan di Dojo saya di Mekarsari Cimanggis Depok.
Namun ada kekhawatiran saya tentang metode ini. Kalau berat,memang harus diakui kalo metode ini terasa berat. Saya lihat para kohai untuk paket hitungan diatas 30 udah mulai kelimpungan (sabuk putih), walau saya coba hindari dengan variasi hitungan dengan interval yang lebih lama dan saya lihat merupakan metode yang efektif untuk mengatasi kelelahan yang mereka alami. Tapi yang menjadi beban pemikiran saya adalah apakah secara struktur otot kaki dan pinggul latihan ini dapat dibenarkan? Apakah tidak memiliki resiko cedera otot dalam latihan?
Berdasarkan pemikiran ini saya,(walau dengan peregangan yang cukup lama) saya belum berani memberikan metode latihan maegeri seperti yang sensei utarakan sebagai latihan pokok dalam melatih maegeri.
Sayang sekali pertanyaan ini belum sempat saya utarakan kepada Senpai Drs. Haryanto Sukardi dan Drs. Devi F Bacthiar padahal mereka berdua adalah sarjana kepelatihan dari FPOK. Mungkin Sensei berkenan memberikan arahannya. Terima kasih

Salam karate.. Osh!

Andi

Apris H said...

Saya bukan ahli dalam bidang struktur otot, tapi sejau yang saya ketahui, yang merusak itu adalah bila ada hentakan (spt. scout jump. Menurut saya latihan ini akan memperkokoh otot-otot kaki. dan membuat keseimbangan kita akan baik.
Memang bila porsi latihan ini diberikan sekarang, terasa oleh para kohai berat, karena anak2 sekarang banyak anak mami. Tapi bila seseorang ingin jadi karateka sejati, harus diberikan agar gerakannya terbentuk baik dan bertahan lama.
Demikian yang bisa saya utarakan, sekali lagi bisa minta advis yg lebih ahli.

Anonymous said...

salam karate ...osh!
salam kenal kepada sensei. saya ingin diberi cara melakukan serta melatih tendangan dengan benar.
salam karate ...osh
dari:siddiq